Senin, 26 September 2011


Soal Pembahasan Tentang Statistika
Nama/NPM : Septy farida Lestari / 18210174

Berikan penjelasan seperlunya apa yang dimaksud dengan dan berikan pula contohnya :
1.       Statistika deskriptif dan Statistika Inferensia
Jawaban :
·  Statistika deskriptif
Adalah fase statistika dimana hanya berusaha melukiskan dan menganalisis kelompok yang diberikan tanpa memuat atau menarik kesimpulan tentang populasi atau kelompok yang lebih besar.
Contoh:
Nilai hasil ujian Geometri di kelas B adalah 9, 8, 8, 7, 6, 6 dan 5.

·  Statistika induktif
Adalah fase statistika yang berhubungan dengan kondisi-kondisi dimana
kesimpulan demikian diambil.
Contoh:
Nilai rata-rata kelas B adalah 7 dan siswa-siswa kelas B termasuk pintar
2.       Data Kualitatif dan Kuantitatif
·         Data kuantitatif
Adalah data yang bisa diangkakan atau dikuantifikasikan/ data yang tidak berbentuk bilangan/ angka.
Contoh:
Penilaian kecantikan Desi Ratnasari antara si A dan si B berbeda.

·         Data kualitatif
Adalah data yang tidak bisa diukur dengan angka atau data yang tidak bisa
diangkakan/data yang berbentuk bilangan/angka.
Contoh:
                Data tentang mutu atau kulaitas gabah bisa dinyatakan dengan kurang, sedang, baik dan sangat baik

3.       Sampling , Populasi dan sample
·  Sampling
Adalah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti
sebagian kecil dari seluruh elemen yang menjadi objek penelitian.
Contoh:
Sebagian dari semua orangtua mahasiswa yang ditanyai tentang apa itu
Pendidikan.

·         Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas; obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Contoh: kalau kamu mau meneliti air danau, maka populasinya adalah semua air danau itu.

·         Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Apabila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada populasi, hal ini dikarenakan adanya keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi tersebut. Apa yang dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan diberlakukan untuk populasi. Oleh karena itu sampel yang akan diambil dari populasi harus betul-betul representatif (dapat mewakili). Contoh: kalau kamu mau meneliti air danau, maka air danau yang diteliti misalnya cuma satu ember, nah air danau yang satu ember itu adalah sampelnya.

4.       Skala pengukuran , sebutkan jenis-jenisnya
·         Skala pengukuran adalah jenis instrumen self report yang digunakan oleh peneliti yang dikombinasikan dengan jenis pengukuran wawancara dan koesioner. Contohnya : skala nyeri,kepuasan dan depresi.

5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a. Statistik penduduk
b. Statistik keuangan
c. Statistik pertanian
d. Statistik produksi
e. Statistik pendidikan
f. Statistik kesehatan
g. Statistik kecelakaan
h. Statistik kematian
i. Statistik ekonomi
j. Statistik perusahaan

Pembahasan:
a. Statistik penduduk
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah penduduk.
Contoh:
Jumlah penduduk yang mengalami busung lapar di daerah Batang sebanyak
128 orang.

           b. Statistik keuangan
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah keuangan.
Contoh:
Pengeluaran/belanja negara di Asia Pasific rata-rata mencapai 555 juta
dolar pertahun.


             c. Statistik pertanian  Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian  penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla  yang berkaitan dengan masalah pertanian.
Contoh:
Harga beras tahun 2
010 mencapai Rp 2.000,00 perkilo.

           d. Statistik produksi
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah produksi.
Contoh:
PT. TANGGUL INDAH (TI) setiap tahun memproduksi pakaian dalam
wanita sebanyak 2000 pasang pertahun.

             e. Statistik pendidikan
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah pendidikan.
Contoh:
Nilai rata-rata mahasiswa IKIP PGRI Semarang jurusan matematika
mencapai 85 tahun 2012.

              f. Statistik kesehatan
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah kesehatan.
Contoh:
Jumlah penderita HIV bertambah 15% pertahunnya.

              g. Statistik kecelakaan
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah kecelakaan.
Contoh:
Jumlah kecelakaan di jalan Pantura tahun 2010 mencapai 215 kecelakaan
dengan korban meninggal mencapai 150 jiwa.

       

              

                 h. Statistik kematian
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah kematian.
Contoh:
Jumlah rata-rata kematian di Indonesia mencapai 2000 jiwa pertahun.

                  i. Statistik ekonomi
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah ekonomi.
Contoh:
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia menggeliat sebesar 5 %.

                    j. Statistik perusahaan
Adalah statistika yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hla yang berkaitan dengan masalah perusahaan.
Contoh:
Perusahaan swasta di Indonesia bertambah 2,5% tiap tahunnya


1 komentar:

  1. Makasih pencerahannya

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com


    Medium : Jasa Pembuatan Website Toko Online - Tokopedia : Jasa Website Toko Online dan Website Toko Online Murah - Facebook : Jasa Pembuatan Toko Online


    www.jilbabterbaru.my.id

    BalasHapus